Wednesday 6 February 2013

Cara Merawat Rambut Kering

Cara merawat rambut kering – Rambut kering dan rontok merupakan permasalahan yang umum terjadi pada manusia. Sejak dari zaman dulu hingga saat ini kebanyakan orang selalu mengeluhkan permasalahan pada rambut ini. Banyak cara ditempuh guna mengatasinya. Berbagai macam informasi baik dari media cetak maupun elektronik selalu menjadi bahan konsumsi pencarian yang laris manis selama ini. Banyak yang sudah berhasil menerapkan informasi cara merawat rambut kering itu dan mendapatkan hasil seperti yang diharapkan. Namun tidak sedikit pula yang gagal memperoleh hasil seperti yang dicita-citakan.

Rambut kering bisa menimpa siapa saja. Baik laki-laki maupun perempuan, remaja maupun orang tua, anak kecil maupun orang dewasa bisa saja terkena masalah rambut kering. Apakah Anda juga sedang mengalami permasalahan ini dan sedang mencari informasi tentang penyebab rambut kering dan bagaimana cara merawatnya? Kalau iya berarti Anda tidak keliru membaca artikel ini. Silahkan baca baik-baik dan praktekkan agar permasalahan Anda segera teratasi.

Penyebab Rambut Kering


Penyebab rambut kering yang berujung pada rambut rontok bisa bermacam-macam. Namun yang biasa dan umumnya sering terjadi adalah sebagai berikut:

1. Rambut sering terkena panas
2. Penggunaan bahan kimia salon yang kurang tepat
3. Kurangnya dalam minum air putih dan juga olah raga
4. Kurangnya asupan gizi pada tubuh
5. Sering terkena AC

Cara Merawat Rambut Kering


Setelah mengetahui penyebab umum rambut kering yang biasa terjadi, kita dapat menentukan cara merawat rambut kering. Apa saja itu? Silahkan dilanjutkan membacanya

1. Hindari panas

Rambut yang sering terkena panas rentan dengan kekeringan yang berakibat pada kerontokan. Baik itu panas yang berasal dari sinar matahari maupun panas yang diakibatkan dari penggunaan mesin pengering rambut (hair dryer). Bahkan panas yang disebabkan karena rambut sering tertutup pun juga dapat menyebabkan rambut kering. Oleh sebab itu hindarkan rambut dan kepala Anda dari rasa panas yang berlebihan agar rambut Anda tidak menjadi kering.

2. Gunakan bahan kimia salon secara bijak

Penggunaan bahan kimia pada rambut kurang baik seperti pewarna rambut, rebonding, keriting dan lainnya dapat menyebabkan rambut kering yang mengakibatkan rambut rusak. Menurut berbagai sumber, bukan bahan kimianya yang menyebabkan rambut kering. Melainkan perawataan yang kurang baik setelah penggunaan bahan kimia salon itulah yang dapat menyebabkan rambut kering dan rusak. Bila Anda termasuk orang yang suka menggunakan perawatan salaon yang menggunakan bahan kimia, sebaiknya Anda harus mencari tahu juga bagaimana cara perawatan rambut setelah terkena bahan kimia itu. Misalkan Anda mewarnai rambut di salon, mintalah keterangan dari salon atau referensi yang terpercaya tentang cara perawatan rambut setelah pewarnaan itu, agar rambut Anda tidak kering yang berakibat pada kerusakan. Kalau perlu cari tahu dari dokter kecantikan rambut untuk konsultasi perawatannya.

3. Perbanyak minum air putih dan berolah raga

Minum air putih dan berolahraga secara teratur dapat membuat tubuh menjadi sehat dan akan berimbas pula pada kesehatan rambut. Padatnya aktivitas sehari-hari sering membuat orang melupakan hal ini. Sehingga tubuh sering kekurangan air yang berakibat pada rambut kering. Sebab itulah aturlah pola hidup yang sehat dengan minum air putih yang cukup dan olah raga yang teratur.

4. Asupan gizi yang cukup

Sering tanpa kita sadari makanan yang kita konsumsi setiap hari memberikan efek yang tidak baik bagi kesehatan tubuh yang berdampak juga pada kesehatan rambut. Bila nutrisi yang masuk ke dalam tubuh kita kurang, maka nutrisi yang dikonsumsi rambutpun juga akan kurang. Dan bila nutrisi yang dikonsumsi rambut kurang akan dapat menyebabkan rambut tidak sehat dan yang kerap terjadi adalah kekeringan pada rambut yang akan merembet kepada permasalahan yang lain. Oleh karena itu cukupilah asupan gizi pada tubuh.

5. Hindarkan dari penggunaan AC yang berlebihan

AC di dalam ruangan juga memiliki dampak yang besar pada kelembaban rambut sehingga rambut menjadi kering. Oleh sebab itu, usahakan sebisa mungkin hindarkan rambut Anda dari terkena hawa Ac secara langsung yang berlebihan. Bila memang terpaksa harus sering terkena AC karena mungkin Anda bekerja dikantor, berilah perawatan khusus pada rambut Anda agar sampai kering dan kehilangan kelembaban.

Itulah beberapa penyebab dan cara merawat rambut kering yang bisa Anda coba untuk dipraktekkan. Bila sekiranya ada yang kurang dari penyebab maupun tips cara merawat rambut kering diatas, silahkan tambahkan dengan memberi komentar yang baik pada kotak komentar yang sudah disediakan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment