Friday 8 February 2013

Cara Merawat Rambut Yang Baik dan Benar

Cara merawat rambut yang baik dan benar diperlukan kesabaran, ketelatenan, dan juga ketelitian. Bila Anda sudah membaca artikel kami sebelumnya tentang cara merawat rambut rusak, cara merawat rambut kering, dan cara merawat rambut rontok, pasti Anda akan tahu apa yang kami maksudkan tadi. Bila belum membacanya, sebaiknya Anda lihat dulu sekarang. Atau boleh juga membacanya setelah menyelesaikan membaca artikel cara merawat rambut yang baik ini.


Seperti telah sering disinggung di atas dan juga pada artikel sebelumnya, cara merawat rambut yang baik membuthkan ketelatenan, kesabaran, dan juga ketelitian. Bila Anda mengalami permaslahan pada rambut Anda, sebaiknya Anda kenali dulu apa masalah dan penyebab dari permasalahan rambut Anda. Dengan begitu Anda akan tahu bagaimana dan apa tindakan yang benar untuk mengatasi permasalahan rambut Anda itu.

5 Tips Cara Merawat Rambut Yang Baik


Berikut kami sajikan 5 tips perawatan rambut berdasakan jenis rambut yang Anda miliki. Apa saja itu?

1. Cara merawat rambut rambut kering dan rusak


Cara merawat rambut kering dan rusak pada intinya adalah dengan membuat rambut Anda kembali lembab. Perawatan yang sering dipakai untuk melembabkan rambut adalah dengan menggunakan conditioner. Disaat keramas usahakan untuk memijit-mijit kulit kepala dengan lembut agar minyak alami yang ada di kepala bisa keluar. Selain itu hindari penggunaan bahan kimia salon bila Anda kurang bisa merawat rambut. Untuk lebih detilnya, Anda bisa baca pada artikel kami yang disini dan disini.

2. Cara merawat rambut rontok


Rambut yang rontok memang menjengkelkan, kalau tidak segera diatasi mengkhawatirkan terjadinya kebotakan. Kalau rambut yang rontok yang cuma sedikit maksimal 100 helai per hari, ada yang mengatakan itu masih normal. Alasannya adalah agar rambut bisa berganti dengan rambut yang baru. Alasan yang cukup masuk akal. Tapi kalau rontoknya lebih dari itu, Anda patut waspada dan sesegera mungkin berikan perawatan khusus agar kerontokan tidak semakin parah. Untuk perawatan selengkapnya, Anda bisa membaca artikel kami yang disini.

3. Cara merawat rambut berminyak


Minyak pada rambut itu perlu ada dan itu penting agar bisa melindungi rambut dari kekeringan yang mengakibatkan kerusakan. Namun bila minyak yang ada pada rambut kadarnya sudah terlalu banyak, itu tidaklah wajar. Karena dapat membuat rambut cepat kotor bila terkena debu. Selain itu pasti rasanya di kepala juga tidak akan nyaman. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan shampo dan juga conditioner yang ringan yang sesuai dan pas dengan tipikal rambut Anda. Jangan terlalu sering menyisir rambut, apalagi bila sisirnya rapat atau yang berbentuk sikat. Sebaiknya gunakan sisir rambut yang bergigi jarang agar tidak membuat minyak rambut semakin banyak keluar.

4. Cara merawat rambut berketombe


Memiliki rambut yang berketombe pasti rasanya tidak nyaman. Karena biasanya ketombe pada rambut akan membuat kulit kepala terasa gatal. Selain itu rontokan ketombe pada baju apalagi yang berwarna hitam sangat mencolok dan terlihat menjijikkan. Biasanya rambut berketombe juga akan menimbulkan kurangnya rasa percaya diri pada penderitanya. Cara perawatannya; gunakan shampo anti ketombe disaat keramas. Bila masih juga tidak membuahkan hasil, cobalah keramas dengan menggunakan pasir terlebih dulu, tapi menggosoknya jangan terlalu keras. Gosoklah dengan lembut saja Agar ketombe yang masih menempel pada kulit kepala hilang. Setelah itu gunakan shapo anti ketombe dan bilas sampai bersih. Apakah Anda termasuk orang yang memiliki rambut berketombe?

5. Cara meangatasi rambut susah diatur

Rambut yang susah diatur juga menjengkelkan, bisa mengakibatkan orang kurang percaya diri. Bila Anda termasuk orang yang memiliki jenis rambut ini, cobalah merawatnya dengan bahan alami seperti telur, lemon, alpukat, dan madu. Cukup menggunakan bahan-bahan alami tadi sebagai masker rambut. pemakaian sekitar 20 hingga 30 menit.

Itulah beberapa tips tentang cara merawat rambut yang baik dan benar. Semoga dengan menerapkan tips diatas, Anda bisa terhindar dari permasalahan rambut yang selama ini menghantui Anda. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment