Monday 4 February 2013

Cara Merawat Rambut Rontok Secara alami

Cara merawat rambut rontok secara alami kian banyak dicari sebagai alternatif lain bagi orang yang memiliki permasalahan dengan rambut yang sering rontok. Selain karena hasil yang didapatkan hampir bisa dipasikan tidak memiliki efek samping, juga karena biayanya yang relatif lebih terjangkau dibandingkan bila harus merawatnya dengan pergi ke salon. Hanya saja dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan yang lebih untuk menikmati hasilnya. Tapi bila sudah berhasil, sudah pasti rambut akan lebih indah alami sekaligus memuaskan.

Rambut Rontok Menghantui Wanita


Memang tidak dapat dipungkiri, rambut rontok seakan telah menjadi momok terutama bagi kaum wanita. Betapa tidak, rambut rontok bila tidak segera ditangani dan dirawat dengan baik bisa mengakibatkan kebotakan. Padahal seperti telah kita ketahui, rambut merupakan perhiasan sekaligus mahkota bagi wanita. Apa jadinya bila perhiasan atau mahkota itu hilang? Bisa difikirkan sendiri kan akibatnya. Oleh karenanya tidaklah mengherankan bila barbagai macam informasi mengenai cara merawat rambut rontok menjadi buruan untuk segera dipraktekkan.

Cara merawat rambut rontok secara alami yang akan kami sajikan berikut ini bisa Anda praktekkan sendiri dengan mudah dirumah. Bahan-bahan yang dipergunakan juga relatif mudah untuk didapatkan. Bahkan mungkin sudah banyak tersedia disekitar kita. Apa saja bahan-bahan alami yang bisa dipergunakan untuk merawat rambut rontok itu? Silahkan simak ulasan berikut ini

Cara Merawat Rambut Rontok


Banyak orang percaya bahwa bahan-bahan alami berikut ini mempunyai khasiat ampuh bagi rambut rusak, sehingga bisa Anda jadikan sebagai alternatif cara merwat rambut rontok

1. Bawang Merah (Allium cepa L. Kelompok Aggregatum)

Bawang merah dipercaya berkhasiat untuk mencegah rambut rontok. Cara penggunaan sangatlah mudah, cukup dengan memakan bawang merah tersebut mentah-mentah atau bisa juga memakannya setelah menjadi acar. Namun banyak orang yang merasa mual dan tidak kuat memakan bawang dalam kondisi mentah, alasannya karena rasanya tidaklah enak. Bila Anda juga salah satu dari orang yang tidak suka makan bawang merah dalam kondisi mentah, alternatifnya Anda bisa menggunakannya langsung dikepala setelah bawang merah itu diperas. Caranya; gerus atau haluskan bawang merah dan diambil airnya. Kemudian oleskan pada rambut Anda disaat malam menjelang tidur. Pada pagi harinya silahkan cuci rambut Anda dengan air bersih dan sedikit shampo untuk menghilangkan baunya.

2. Yoghurt atau Yogurt

Yoghurt / yogurt adalah susu yang dibuat melalui fermentasi bakteri. Banyak orang percaya yoghurt / yogurt dapat mencegah rambut rontok. Cara penggunaannya juga mudah, yogurt dipakai untuk masker rambut. Lakukan ini secara rutin satu minggu sekali dalam waktu satu bulan. Khasiat lain dari yoghurt / yogurt bagi rambut adalah bisa memperlambat terjadinya uban pada rambut bila digunakan secara teratur. Sehingga selain bisa digunakan sebagai cara merawat rambut rontok juga bisa digunakan untuk menjaga warna asli rambut. Khasiat 2 in 1 yang sungguh luar biasa.

3. Kemiri (Aleurites moluccana)

Selain sebagai bumbu dapur kemiri juga bisa digunakan sebagai bahan alami perawatan rambut. Khasiat yang diberikan kemiri bagi rambut adalah dapat memperkuat sekaligus memperbaiki rambut yang rusak. Sehingga sangat disarankan untuk digunakan sebagai cara merawat rambut rontok. Cara penggunaannya; tumbuk kasar kemiri kemudian di shangrai (digoreng tanpa minyak). Setelah dishangrai, kemiri dihaluskan hingga mengeluarkan minyak. Gunakanlah minyak kemiri tersebut untuk creambath sebelum keramas. Jangan gunakan shampo dulu, bilaslah dengan air bersih baru kemudian gunakan shampo.

4. Minyak Kelapa

Kelapa mengandung antioksidan yang tinggi yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Selain itu Minyak kelapa juga dapat dijadikan sebagai cara merawat rambut rontok.Khasiat utama minyak kelapa adalah untuk memeperbaiki kutikula yang rusak sekaligus untuk melembutkan rambut kering sehingga rambut menjadi mengkilap dan bercahaya. Cara penggunaannya cukuplah mudah; tiga sendok makan minyak kelapa dihangatkan dan disikatkan ke seluruh rambut secara perlahan dan lembut mulai dari akar hingga ujungnya. Kemudian rambut ditutup dengan handuk hangat selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu bilas menggunakan air bersih dan shampo untuk keramas.

5. Alpukat (persea americana)

Alpukat memiliki banyak sekali manfaat. Salah satu khasiatnya adalah untuk melembabkan kulit. Perlu diketahui, bahwasanya kulit yang kering pada kepala dapat menyebabkan rambut rontok. Dengan khasiatnya yang bisa melembabkan kulit, alpukat bisa dijadikan sebagai cara merawat rambut rontok secara alami. Cara menggunakannya; daging buah alpukat dihaluskan dan diaduk di dalam mangkuk hingga menjadi pasta. Kemudian pasta alpukat tadi kita gunakan pada rambut mulai dari akar hingga ke ujungnya. Diamkan kurang lebih 30 menit, baru kemudian dibersihkan dengan air bersih dan shampo.

6. Teh 

Teh memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yang dapat menanggulangi rambut dari polutan. Cara penggunaannya; Seduh teh dengan air panas dan diamkan selama semalam. Air seguhan teh tadi kita gunakan untuk keramas. Cukup mudah bukan?

7. Cuka apel

Cuka apel mengandung alpha-hydroxy acid yang juga bisa menangkal rambut dari polutan dan radikal bebas. Polutan dan radikal bebas dapat menyebabkan kerontokan pada rambut. Sehingga cuka apel bisa digunakan sebagai cara merawat rambut rontok. Cara menggunakannya; campurkan seperempat cangkir air dengan setengah cangkir cuka apel. Kemudian gunakan campuran tadi untuk membilas rambut disaat keramas.

Itulah beberapa cara merawat rambut rontok secara alami yang bisa Anda coba sendiri di rumah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Sampai ketemu lagi pada tips cara merawat rambut yang lain.

No comments:

Post a Comment