Thursday 14 February 2013

Cara Perawatan Rambut Yang Alami


Perawatan rambut yang berasal dari alam, bisa kita jadikan alternatif terbaik dalam merawat rambut kita dari segala kerusakan. Bahan-bahannya kebanyakan juga sudah tersedia di sekitar kita. Jadi sudah pasti lebih hemat dan mudah untuk didapatkan. Berikut beberapa bahan yang tersedia dari alam yang dapat kita manfaatkan sebagai alternatif perawatan rambut;


1. Minyak kelapa

Kelapa atau dalam bahasa ilmiahnya disebut sebagai cocos nucifera terkenal memiliki antioksidan tinggi yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Selain bermanfaat bagi tubuh manusia, kelapa juga dapat kita manfaatkan sebagai bahan perawatan rambut yang alami setelah dijadikan minyak. Minyak kelapa terbukti ampuh dalam mengembalikan kilau rambut yang rusak akibat terlalu sering terkena sinar matahari, styling rambut dan juga akibat dari polusi. Cara penggunaannya; ambil sedikit minyak kelapa lalu oleskan ke rambut. Gunakan setiap Anda ingin menyisir rambut. Cukup mudah bukan?

2. Minyak kemiri

Selain minyak kelapa, kita juga bisa menggunakan minyak kemiri sebagai bahan alami perawatan rambut. Manfaat dan fungsi yang dihasilkan juga hampir sama dengan minyak kelapa. Yakni dapat mengembalikan kemilau rambut yang sudah pudar. Cara penggunaannyapun juga sama seperti minyak kelapa; minyak kemiri kita jadikan minyak rambut sebelum kita menyisirnya.

3. Lidah buaya

Lidah buaya atau dalam nama latin disebut sebagai Aloe barbadensis Milleer kaya akan kandungan zat-zat seperti enzim, asam amino, mineral, vitamin, polisakarida dan komponen lain yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Untuk perawatan rambut, kandungan zat yang terdapat pada lidah buaya tersebut dipercaya dapat digunakan untuk menyuburkan sekaligus mempercepat pertumbuhan rambut, sehingga lekas panjang. Selain itu juga dapat mencegah rambut dari kering, rusak dan rontok. Cara pemakaiannya; potong lidah buaya dan kupas, gunakan cairan berlendir yang ada pada lidah buaya yang sudah terpotong itu kita oleskan ke seluruh rambut hingga ke akarnya.

4. Merang 

Merang adalah tangkai batang tanaman beras ketan. Abu dari merang ini setelah direndam dalam air dan digunakan untuk keramas diyakini dapat dijadikan sebagai bahan perawatan rambut. Abu merang akan membuat rambut semakin hitam. Selain itu juga dipercaya dapat memperlambat proses terjadinya uban pada rambut.

5. Alpukat

Buah dari alpukat selain rasanya enak kalau dibuat jus, juga dapat digunakan sebagai bahan alami perawatan rambut dari kerusakan. Cara memakainya; kupas dan potong buah alpukat kecil-kecil kemudian dihaluskan hingga menjadi pasta. Kemudian pasta itu dijadikan sebagai masker rambut selama kurang lebih 30 menit dan selanjutnya dibilas menggunakan air bersih dan keramas.

Selain 5 bahan alami diatas, masih banyak lagi bahan alami yang dapat kita gunakan sebagai bahan perawatan rambut. Diantaranya; madu, teh, yoghurt, telur dan susu. Dengan memanfaatkan bahan-bahan alami untuk perawatan rambut, tentunya hasil yang diperolehpun lebih indah, sehat dan alami. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment